8 Jurus Menenmbus UN

  • Lupakan Sistem Kebut Semalam
Maksimalkan usaha keras kita dua minggu sebelum hari ujian. Naah, seminggu sebelum UN lebih baik kita rileks dan santai saja. Minggu tenang gitu lho...Tujuannya supaya otak kita lebih rileks. Ketika otak kita rileks, apa yang sudah kita pelajari akan tertanam dengan lebih kuat di kepala kita alias kita nggak gampang lupa. Justru jika kita memaksakan belajar di last minute, biasanya apa yang kita pelajari tidak menempel di
kepala, akibatnya pas kertas ujian ditaruh di depan muka kita, kita panik, trus lupa deh sama yang udah kita pelajari. Enggak usah merasa usaha kita belum maksimal. Pede aja. Kalau memang dirasa perlu, kita bisa kok baca-baca ulang materi ujian yang sudah kita pelajari di minggu tenang itu.

  • Bedo'a
Jangan lupa berdo'a. Kita kan cuma bisa berusaha sementara keputusan akhirnya Yang Di Ataslah yang menentukan. So, biar batin lebih mantap dan tenang saat mengerjakan ujian, jangan lupa banyak berdo'a yaa!

  • Siapkan Senjata
Istilahnya, UN tuh, perang. Jadi, senjata yang kita persiapkan pun harus lengkap. Pastikan alat tulis kita sudah lengkap. Pulpen, penggaris, pensil 2B, rautan, penghapus, papan alas ujian, semua sudah masuk tas, kan?

  • Ketawa Ngakak
Ujian bukan berarti kita harus selalu pasang muka serius. Sebelum saatnya tiba untuk masuh ke dalam kelas, coba bercanda dulu sama teman-teman. Cerita hal-hal yang lucu dan ketawa ngakak sekeras-kerasnya. Selain bisa menghilangkan rasa panik dan mules, penelitian University of California juga mengatakan, ketawa dengan keras dapat merangsang kerja otak secara positif.




  • Sarapan
Mungkin sebagian dari kita enggak terlalu terbiasa sarapan. Tapi kali ini, khusus buat ujian, coba deh usahakan mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti, roti gandum, oatmeal, bubur kacang hijau, dan tempe. Karbohidrat berguna untuk memacu hormon seratonin yang bikin pikiran kita jadi rileks.

  • Cari Inspirasi
Pas sudah mulai mengerjakan soal ujian, dan kita merasa pusing mikirin jawaban untuk soal yang susah, usap lingkaran luar telinga kita. Usap telinga kanan pakai tangan kanan, telinga kiri pakai tangan kiri. Gerakan simple ini bisa bikin otak kita rileks dan mikir jadi cepat.

  • Minum Teh
Selain sarapan, teh dapat menunjang performa kita waktu ujian. Sempatkan minum secangkir teh sebelum berangkat ujian.Penelitian Inggris membuktikan, teh mampu mengurangi level cortisol (hormon stres) dalam darah.








  • Yoga Singkat
Sepuluh menit sebelum ujian mulai, coba cari posisi senyaman mungkin di tempat duduk kita. Lakukan gerakan yoga singkat seperti ini: Lipat kedua tangan (dalam posisi berdo'a) ke belakang punggung, lalu tarik bahu dan pundak kita ke belakang. Miringkan kepala ke belakang dan tarik napas dalam-dalam.




P.S.: All pictures taken from http://www/google.com/ as "ujian nasional", "laughing", and "tea"
Source: Kawanku Magz.

Posting Komentar

Copyright © 2011- XI IPA 7 Smansabara
Diberdayakan oleh Blogger.