Pulau Komodo, Keajaiban Dunia Terbaru

          Jangan dikira Pulau Komodo isinya hanya komodo. Masih banyak keindahan lain disini. Pulau komodo dinominasikan sebagai keajaiban dunia terbaru.
          Taman Nasional Komodo (TNK) terletak di perbatasan provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Kawasan ini telah dinobatkan sebagai kawasan lindung dengan status taman nasional oleh pemerintah sejak 1980. Enam tahun kemudian TNK juga dinobatkan sebagai cagar biosfer oleh UNESCO, dan pada tahun 1991 ditetapkan sebagai situs warisan alam dunia (world heritage site). Hebat kan?

          Ditempat ini kita bisa menemukan satwa langka berupa kadal terbesar di dunia, yaitu komodo (Varamus komodoensis). Kadal raksasa ini diduga langsung keturunann dari kadal yang lebih besar (Megalania presca) dari Pulau Jawa dan Australia yang hidup 30.000 tahun lalu.
          Disini terdapat 277 jenis satwa perpaduan dua jenis dari Asia dan Australia: sudah termasuk 32 spesies mamalia, 128 jenis burung, dan 37 reptilia. Jika kita suka snorkeling atau diving, harus banget ke pulau komodo. Ada lebih dari seratus titik penyelamatan di kawasan ini. Karena di dalam laut birunya kita bisa menemukan 385 jenis karang penyusun terumbu, 3 jenis payu, pari manta, kerapu (gouper) besar, Napoleon Wrasse Giant Sweetlips dengan bibirnya yang lucu dan seksi


Pantai-pantai
Pantai merah (pink beach)
Sebuah teluk kecil dengan pantai landai berpasir merah. Kemerahan ini karena ombak mengikis karang merah darah bernama Tubiphora musica. Pantai ini unik karena sejauh mata memandang hamparan pasir berwarna pink menggoda mata. Pantai ini juga sering dikunjungi wisatawan untuk snorkeling.

Pulau Rinca
Di pulau ini terdapat pemandangan alam melalui trekkin melintasi bukit savanna (padang rumput) sambil sesekali melihat komodo yang muncul dari rerimbunan semak. Dari atas bukit kita bisa menikmati pemandangan pulau kecil disekitar. Kita juga bisa bertemu dengan sekumpulan kerbau liar, monyet, babi hutan, rusa, burung, dan kelelawar








P.S.: Images by http://www.google.com/ as "pulau komodo", "pantai merah", and "pulau rinca"
Source: Kawanku Magz.

Posting Komentar

Copyright © 2011- XI IPA 7 Smansabara
Diberdayakan oleh Blogger.