Ekonomi

          Walupun kami bukan anak IPS, tidak ada salahnya kami memposting tentang ekonomi. Ekonomi adalah hal sehari-hari yang menjadi kebutuhan kita. Jadi, kita perlu mempelajari tentang ekonomi. Mari kita simak artikel yang akan membahas sedikit tentang ekonomi.
          Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia di dalam memenuhi kebutuhannya yang relatif tak terbatas dengan menggunakan Sumber Daya yang terbatas dan masing-masing Sumber Daya mempunyai alternatif penggunaan/opportunity cost.

          Dalam ekonomi mengkaji teori Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro. Teori Ekonomi Mikro mempelajari tentang bagaimana rumah tangga/perusahaan mengambil keputusan dan melakukan interaksi di pasar tertentu.
Dengan kata lain, Ilmu Ekonomi Mikro mempelajari variabel-variabel ekonomi dalam lingkup kecil, misalnya perusahaan.
          Jika Ekonomi Mikro mempelajari tentang variabel ekonomi lingkup kecil, teori Ekonomi Makro mempelajari tentang variabel ekonomi secara agregat (keseluruhan). Variabel-variabel tersebut antara lain: pendapatan nasional, kesempatan kerja, pengangguran, jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, maupun neraca pembayaran internasional.
         Naaah, pasti bingung kan? Haha saya juga bingung. Jadi, kalau ingin mendalami ekonomi, pelajari ekonomi secara mendalam ya, dan nggak perlu jadi anak IPS dulu kan? :D

Posting Komentar

Copyright © 2011- XI IPA 7 Smansabara
Diberdayakan oleh Blogger.