Lapisan Ozon Sang Pelindung


          Suhu bumi semakin panas, isu tentang pemanasan global semakin marak dibicarakan dimana-mana. Ternyata ini semua diakibatkan oleh penipisan lapisan ozon, lho! Wah kalo sampai lapisan ini bolong, dunia bakal porak poranda nih!

          Pada awal tahun 80’an beberapa peneliti dari Antartika mulai menyadari penipisan yang terjadi pada lapisan ozon. Peristiwa ini terjadi pada saat musim semi, dan dibutuhkan waktu sampai berbulan bulan sebelum akhirnya lapisan ozon kembali menebal, walaupun keseluruhan jumlahnya terus menerus menurun. Padahal lapisan ini penting banget buat penyaring sinar UV yang jatuh ke bumi dan mengurangi bahaya radiasinya.
Ozon adalah salah satu gas yang membentuk atmosfer. 20 % dari atmosfer terbentuk dari oksigen (O2) yang biasa kita gunakan untuk bernafas, dan hanya 1/3.000.000 nya terbentuk dari ozon. Ozon dihasilkan apabila oksigen menyerap sinar ultraviolet pada jarak gelombang 242 Nano Meter. Bolongnya lapisan ozon menurunkan kemampuan organisme – organiseme yang berfungsi menyerap karbondioksida (CO2). Akibatnya zat CO2 ini jadi terperangkap dalam atmosfer dan membentuk gas rumah kaca, yang pada akhirnya membuat suhu bumi semakin panas, dan terjadilah pemanasan global.







P.S.: Picture taken from http://reftudie.blogspot.com/
Source: Kawanku Magz.

Posting Komentar

Copyright © 2011- XI IPA 7 Smansabara
Diberdayakan oleh Blogger.